"Blog ini gratis, menandakan tidak menerima bantuan dari asing."

Suci: Ada Pengalihan Isu di Sidang Munir - by Okezone.com

Selasa, 16 September 2008 - 12:53 wib
Nurlaili - Okezone

JAKARTA
- Persidangan kasus pembunuhan aktivis Hak Azasi Manusia (HAM) Munir disinyalir terjadi upaya pengalihan isu menjadi isu agen asing yang dilakukan oleh kuasa hukum Muchdi Purwoprandjono.

Suciwati sendiri mengatakan, upaya pengalihan tersebut terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan kuasa hukum Muchdi terhadap dirinya saat memberikan kesaksian. Pertama terkait dana yang diperoleh Kontras, kemudian terkait kedatangan Suciwati ke kongres Amerika Serikat (AS). Padahal menurut Suciwati, sudah terlihat siapa yang menjadi antek asing sebenarnya.

Hal ini menurut Suciwati terlihat dengan lobi yang dilakukan BIN ke Kongres AS pada tahun 2005. Pada tahun 2006, kata Suciwati, dirinya telah mengklarifikasi tentang tujuan dan maksud BIN melobi kasus Munir ke kongres AS. Senator yang ditemui Suciwati mengakui kedatangan BIN ke Kongres AS, namun senator tersebut tidak mau menjelaskan maksud kedatangan BIN.

Kedatangan BIN ke Kongres AS menurutnya merupakan sesuatu yang tidak wajar.

"Seharusnya yang melakukkan komunikasi internasional dalam kasus pembunuhan Munir, departemen luar negeri bukan BIN," kata Suciwati di Pengedilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Selasa (16/9/2008).

Selain itu kecurigaan BIN merupakan antek asing juga terlihat, saat Hendropriyono melakukan penangkapan terhadap Umar Faruk yang diduga terlibat terorisme. BIN langsung menyerahkan ke AS. "Padahal pada saat ditangkap di wilayah hukum Indonesia, Umar diproses berdasarkan hukum Indonesia bukan Amerika. jadi sangat jelas, siapa yang sebenarnya menjadi antek Amerika," papar Suci.

Hal senada juga dikemukakan oleh Bagian Legal Kasum Chairul Anam, yang menyatakan dalam kasus ini telihat ada upaya untuk menutupi kasus kematian Munir pada lobi-lobi yang dilakukan BIN agar kasus kemaitian Munir ini tidak terungkap.

"Ada dua hal yang ditunjukkan dalam kasus ini. Pertama ada upaya untuk membunuh Munir, kedua ada upaya untuk menuutupi kasus kematian Munir. Dalam hal ini sangat aneh apa maksud orang BIN ke kongres AS," ujarnya.(hri)

Sumber: http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/09/16/1/146443

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya pikir memang ada pengalihan yang disengaja. Suciwati CS merasa merekalah yang sesungguhnya 'agen asing' itu, makanya tersinggung ketika BIN ngelobi ke AS. Kok bisa-bisanya Suciwati arogan sedemikan rupa. Saya takut, Suciwati CS punya ambisi mengganti lembaga BIN dengan Kontras - Komisi Untuk Orang dan Kepentingan Asing.

Lumpur Panas